Contoh Skripsi / TA E- Commerce BAB I (Pendahuluan - Rumusan Masalah)
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, perkembangan Teknologi Informasi memasuki dunia globalisasi. Manusia mengenal teknologi yang semakin maju dalam mempermudah melakukan berbagai kegiatan. Kemajuan di bidang transportasi, komunikasi, kesehatan, pendidikan, pemerintahan, bisnis dan bidang lainnya merupakan contoh bahwa manusia semakin memerlukan teknologi dalam kehidupan ini.
Saat ini dunia telah mengenal suatu teknologi yang disebut dengan internet. Dengan internet semua orang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di berbagai belahan dunia. Melalui internet, setiap orang dapat memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Internet merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki agar menjadi lebih maju dan meningkatkan pendapatan mereka.
E-Commerce (perdagangan elektronik) merupakan salah satu konsep yang cukup berkembang dalam dunia internet. E-commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan promosi dalam bentuk informasi, serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari barang dan informasi tersebut dapat diakses sedemikian rupa tanpa mengurangi kualitas yang ada. Dengan hadirnya E-commerce ini memberikan kemudahan dalam bertransaksi antara produsen dan distributor, antara distributor dengan agen, antara agen dengan konsumen, bahkan antara produsen langsung kepada konsumen yang berada sangat jauh dari tempat kita tinggal dan tempat bukan suatu hambatan dari tempat kita tinggal.
Melihat betapa pentingnya teknologi saat inilah membuat peneliti tertarik ingin melakukan penelitian pada Rahmat Sparepart Motor yang berada di Jl. Raya Talangpadang No. 101, pusat perbelanjaan Talangpadang Kabupaten Tanggamus. Toko Rahmat Sparepart Motor menjual grosir bermacam-macam sparepart motor spareti, ban luar, ban dalam, CDI, gear, rem kompling, jari-jari, busi dan sparepart lainnya. Pengolahan data serta penyajian informasi dan promosi pada toko Rahmat Sparepart Motor ini masih dilakukan secara manual, yaitu hanya dari mulut ke mulut saja dan belum terpublikasi secara luas, sehingga banyak masyarakat yang belum tahu tentang adanya Toko Rahmat Sparepart Motor ini. Karena masih menggunakan sistem yang manual tersebut, sehingga dibutuhkan peranan penting suatu teknologi komputerisasi dan jaringan internet sebagai alat pendukung dan sebagai media penyebar informasi dan promosi, oleh sebab itu maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dan mengangkat sebagai judul Tugas Akhir dengan judul “E-COMMERCE PADA RAHMAT SPAREPART MOTOR”, dengan tujuan dapat mempublikasikan semua informasi pemasaran yang ada pada Rahmat Sparepart Motor agar dapat diketahui oleh masyarakat luas, sehingga dapat menarik hati para konsumen.
1.2 Permasalahan
Dari latar belakang yang telah ditemukan diatas, maka terdapat permasalahan antara lain :
1. Terbatasnya penyebaran promosi
Kurang optimalnya penyebaran area promosi yang dilakukan pada Rahmat Sparepart Motor, sehingga banyak masyarakat atau orang yang belum tahu adanya Toko Rahmat Sparepart Motor tersebut.
2. Aksesibilitas Informasi
Tidak adanya akses informasi tentang Toko Rahmat Sparepart Motor sehingga masyarakat harus datang langsung ke lokasi objek, serta harus pada jam kerja saja. Hal ini terjadi karena akses informasi yang dilakukan belum tersentuh oleh teknologi komputerisasi dan hanya dari mulut ke mulut saja.
Berdasarkan beberapa masalah di atas maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah ”Bagaimana merancang Aplikasi E-Commerce Pada Rahmat Sparepart Motor yang mampu mempromosikan dalam bentuk informasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas tanpa di batasi ruang dan waktu?”.
1.3 Batasan Masalah / Ruang Lingkup Pembahasan
1. Ruang lingkup obyek penelitian hanya pada Toko Rahmat Sparepart Motor Talangpadang.
2. Ruang Subyek penelitian yaitu E-Commerce pada Rahmat Sparepart Motor.
3. Ruang lingkup waktu penelitian dilaksanakan pada tahun 2015.
4. Ruang Lingkup Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam proses menganalisa dan perancangan adalah Sistem Informasi Manajemen, Metodologi Penelitian Sistem Informasi, Diagram Arus Data (DAD), Data Flow Diagram (DFD), Sistem Basis Data, Pengkodean, Flowchart serta Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Sedangkan dalam proses pembuatan sistem informasi yang akan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page/Hypertext Preprocessor) dengan database MySQL (satu paket dalam software server lokal Xampp), Macromedia Dreamweaver 8.0, software editing gambar Adobe Photoshop CS3 dan CorelDRAW X3, Program animasi Wondershare Flash Gallery Factory, Web browser Mozilla Firefox dan Google Chrome serta Aplikasi FTP ( File Transfer Protocol) Filezilla untuk memindahkan data dari server lokal ke web server atau sebaliknya.